PRINSIP GOTONG ROYONG UNTUK MEMBANGUN HARMONI DALAM KERAGAMAN

Pernahkah kalian ikut gotong royong di lingkungan sekitar kalian? Siapa saja yang terlibat dalam kegiatan gotong royong tersebut? Apa makna gotong royong bagi kalian? Bagaimana kalian mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari?

1. Makna Umum Gotong Royong

Pernahkah kalian ikut gotong royong? Gotong royong merupakan identitas dan kekayaan budaya Indonesia. Ada pepatah menyebutkan bahwa “Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing”. Pepatah ini bermakna pekerjaan berat jika dilakukan bersama-sama, akan terasa ringan. Pepatah ini dapat menggambarkan makna gotong royong. Kemudian, apa yang dimaksud gotong royong itu? Mari kita diskusikan bersama-sama!

Sebagai makhluk sosial, manusia tidak dapat hidup sendiri. Manusia senantiasa membutuhkan bantuan orang lain. Hal ini menjadi fitrah manusia. Oleh karena  itu, dalam kehidupan masyarakat diperlukan adanya kerja sama, gotong royong, dan sikap saling membantu untuk menyelesaikan berbagai permasalahan hidup.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata gotong royong bermakna bekerja bersama-sama (tolong-menolong, bantu-membantu). Kata gotong royong berasal dari bahasa Jawa, yaitu gotong dan goyong. Gotong artinya pikul atau angkat. Sementara itu, royong artinya bersama-sama. Dengan demikian, secara harfiah gotong royong dapat diartikan mengangkat beban secara bersama-sama agar beban menjadi ringan. 

Koentjaraningrat membagi dua jenis gotong royong yang dikenal oleh masyarakat Indonesia, yaitu gotong royong tolong-menolong dan gotong royong kerja bakti. Kegiatan gotong royong tolong-menolong bersifat individual, misalnya menolong tetangga kita yang sedang mengadakan pesta pernikahan, upacara kematian, membangun rumah, dan sebagainya. Sementara itu, kegiatan gotong royong kerja bakti biasanya dilakukan untuk mengerjakan suatu hal yang sifatnya untuk kepentingan umum, seperti bersih-bersih desa/kampung, memperbaiki jalan, membuat tanggul, dan lain-lain. Koentjaraningrat lebih lanjut membagi jenis gotong royong yang terdapat pada masyarakat pedesaan menjadi empat, yaitu :

a. tolong-menolong dalam aktivitas pertanian;

b. tolong-menolong dalam aktivitas sekitar rumah tangga;

c. tolong-menolong dalam aktivitas persiapan pesta dan upacara;

d. tolong-menolong dalam peristiwa kecelakaan, bencana, dan kematian.

Gotong royong lahir atas dorongan kesadaran dan semangat untuk mengerjakan sesuatu secara bersama-sama, serentak, dan beramai-ramai, tanpa memikirkan dan mengutamakan keuntungan pribadi. Gotong royong harus dilandasi dengan semangat keihklasan, kerelaan, kebersamaan, toleransi, dan kepercayaan. Gotong royong merupakan suatu paham dinamis yang menggambarkan usaha bersama, suatu amal, suatu pekerjaan atau suatu karya bersama, dan suatu perjuangan bantu-membantu. Dalam gotong royong melekat nilai-nilai Pancasila, yaitu ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, musyawarah, dan keadilan sosial yang merupakan landasan filsafat bangsa Indonesia. 

Konsep gotong royong dapat pula dimaknai sebagai pemberdayaan masyarakat. Hal ini lantaran gotong royong dapat menjadi modal sosial (social capital) untuk mendukung kekuatan institusional pada level komunitas, negara, dan lintas bangsa. Dalam gotong royong termuat makna collective action to  struggle, self governing, common goal, dan sovereignty. Secara sosio-kultural, nilai gotong royong merupakan semangat yang dimanifestasikan dalam berbagai perilaku individu yang dilakukan tanpa pamrih guna mengerjakan sesuatu secara bersama-sama demi kepentingan individu atau kolektif tertentu.

Bintarto menyatakan bahwa gotong royong merupakan perilaku sosial dan tata nilai kehidupan sosial yang ada sejak lama dalam kehidupan di desa-desa Indonesia. Secara sosio-historis, tradisi gotong royong tumbuh subur di perdesaan Indonesia lantaran kehidupan pertanian memerlukan kerja sama yang besar untuk mengolah tanah, menanam, memelihara, hingga memetik hasil panen. Bagi bangsa Indonesia, gotong royong tidak hanya bermakna sebagai perilaku, tetapi berperan pula sebagai nilai-nilai moral. Hal ini mengandung pengertian bahwa gotong royong senantiasa menjadi pedoman perilaku dan pandangan hidup bangsa Indonesia dalam beragam bentuk.

2. Makna Penting Gotong Royong

Sebagai identitas budaya bangsa Indonesia, tradisi gotong royong yang sarat dengan nilai-nilai luhur harus kita lestarikan. Terlebih lagi Indonesia merupakan negara yang majemuk, baik dari sisi agama, budaya, suku, maupun bahasa. Gotong royong dapat merekatkan dan menguatkan solidaritas sosial. Ia melahirkan sikap kebersamaan, saling menolong, dan menghargai perbedaan. Selain membantu meringankan beban orang lain, dengan gotong royong kita juga dapat mengurangi kesalahpahaman sehingga dapat mencegah terjadinya berbagai konflik. Gotong royong yang merefleksikan suatu kebersamaan merupakan pedoman untuk menciptakan kehidupan yang jauh dari konflik. Di dalam gotong royong terkandung nilai-nilai yang dapat meningkatkan rasa kerja sama dan persatuan warga. Oleh karena itu, melestarikan eksistensi tradisi gotong royong di tengah masyarakat sangatlah penting, terutama pada masyarakat yang majemuk.

Secara historis, spirit gotong royong berkontribusi besar dalam perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia. Hal ini antara lain dapat kita lihat dalam penyebaran informasi kemerdekaan ke pelosok negeri dan dunia. Setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekannya, banyak pemuda datang ke Jalan Menteng 31 yang menjadi tempat berkumpul para aktivis pemuda pada saat itu. Para pemuda tersebut menyebarkan stensilan Teks Kemerdekaan ke berbagai daerah di Indonesia. Beberapa pemuda tersebut di antaranya ialah M. Zaelani, anggota Barisan Pemuda Gerindo yang dikirim ke Sumatra. Tercatat juga nama Uteh Riza Yahya yang menikah dengan Kartika, putri Presiden Soekarno. Kemudian, ada pula guru Taman Siswa bernama Sulistio dan Sri. Ada juga aktivis Lembaga Putri, Mariawati Purwo. Mereka menuju ke Sumatra bersama Ahmad Tahir untuk menyebarkan kabar kemerdekaan. Di samping itu, tercatat pula nama Masri yang berangkat ke Kalimantan. Beberapa pemuda juga berangkat ke Sulawesi. Mereka pergi ke luar Jawa membawa kabar kemerdekaan dengan menggunakan perahu. Di Yogyakarta, Ki Hadjar Dewantara, tokoh pendiri Taman Siswa, berkeliling kampung dengan naik sepeda untuk menyebarkan informasi kemerdekaan Indonesia kepada masyarakat luas. 

Spirit gotong royong terus ditanamkan dan dipraktikkan oleh para tokoh bangsa lintas agama da n etnis, baik dari kalangan sipil maupun dari kalangan militer, selama revolusi kemerdekaan di Yogyakarta. Di kota bersejarah ini, berkumpul tokoh-tokoh bangsa dari beragam latar agama, etnis, dan pandangan politik. Dari sisi etnis, terdapat nama Soekarno, Sri Sultan Hamengkubuwono IX, Soedirman, Ki Hadjar Dewantara, Ki Bagoes Hadikoesoemo, Sukiman Wirjosandjojo, Wahid Hasjim, dan I.J. Kasimo yang berlatar belakang suku Jawa. Tercatat pula Ali sadikin, Ibrahim Adji, dan M. Enoch yang berlatar belakang Sunda. Ada pula Mohammad Hatta, Agoes Salim, Sutan Sjahrir, Tan Malaka, Mohammad Yamin, dan Muhammad Natsir yang berlatar belakang Suku Minang. Ada juga Simatupang dan Nasution dari Tapanuli. Ada Kawilarang dan A.A. Maramis dari Manado. Terdapat juga nama Muhammad Yusuf dari Makassar, Mr. Assaat dan Teuku M. Hassan dari Aceh, A.R. Baswedan yang keturunan Arab, dan lain-lain.

Semangat gotong royong dengan mengesampingkan perbedaan begitu terasa di Yogyakarta. Realitas ini antara lain dapat dilihat dari perjumpaan antara tokoh-tokoh Muhammadiyah seperti Ki Bagoes Hadikoesoemo, tokoh Nahdlatul Ulama (NU) seperti K.H. Wachid Hasjim, tokoh Persatuan Islam seperti Muhammad Natsir, tokoh Ahmadiyah seperti Sayyid Shah Muhammad Al-Jaeni, tokoh Katolik seperti I.J. Kasimo, dan sebagainya. 

3. Contoh Kegiatan Gotong Royong

Kalian tentu tahu bahwa Indonesia dikenal dunia karena masyarakat Indonesia memiliki sikap ramah, kekeluargaan, dan budaya gotong royong. Sejak lama budaya gotong royong telah mengakar di bumi Indonesia. Sartono Kartodirjo menyebutkan bahwa gotong royong merupakan budaya yang telah tumbuh dan berkembang dalam kehidupan sosial masyarakat Indonesia yang diwariskan secara turun-temurun. Tradisi gotong royong bahkan menjadi penanda dan identitas budaya bangsa Indonesia.

Budaya gotong royong di Indonesia dapat dilihat dalam berbagai macam bentuk dan istilah yang berbeda sesuai dengan daerah masing-masing. Misalnya, di Jawa dikenal dengan istilah sambatan. Sambatan merupakan tradisi meminta pertolongan kepada warga masyarakat untuk membantu keluarga yang sedang membutuhkan bantuan, seperti membangun dan memperbaiki rumah, membantu hajatan perkawinan, upacara kematian, dan kepentingan-kepentingan lain yang membutuhkan bantuan orang banyak. Uniknya, tanpa diminta untuk membantu, masyarakat akan nyengkuyung (bekerja bersama-sama membantu tetangganya yang memiliki hajat). Mereka tidak berharap mendapatkan keuntungan material atau berpikir untung-rugi. Mereka memiliki prinsip “loss sathak, bathi sanak” yang artinya “lebih baik kehilangan materi daripada kehilangan saudara”. 

Di Toraja, Sulawesi Selatan, tradisi gotong royong disebut dengan arisan tenaga, yaitu kerja bakti bergilir untuk menggarap sawah atau ladang milik warga. Suku Dayak di Kalimantan Tengah juga memiliki tradisi sama yang disebut dengan tradisi handep hapakat. 

Karena konsep gotong royong mengandung makna bekerja sama secara nyata, sudah semestinya kita praktikkan dalam kehidupan sehari-hari, bukan hanya untuk didiskusikan. Lantas bagaimana cara mempraktikkan gotong royong? Ada banyak cara yang dapat kalian lakukan. Kalian dapat memulainya dengan melakukan hal-hal sederhana yang ada di sekitar kalian, seperti membantu hajatan tetangga, gotong royong mengatasi masalah lingkungan hidup, gotong royong menyantuni orang miskin dan anak-anak yatim, gotong royong membersihkan kelas, dan sebagainya. Ingat, gotong royong tidak hanya sebatas pada kegiatan bersama yang bersifat fisik, tetapi dapat berupa kerja bersama nonfisik, seperti mencari solusi bersama atas sebuah persoalan, memberikan gagasan/ide, memberikan bantuan, dan lain-lain.


Soal Uji Pemahaman Materi

1. Sebagai makhluk sosial, manusia tidak dapat hidup sendiri. Manusia senantiasa membutuhkan bantuan orang lain. Hal ini menjadi fitrah manusia. Oleh karena itu, dalam kehidupan masyarakat diperlukan adanya .…
a. tenggang rasa
b. gotong royong
c. komunikasi
d. saling menghormati
e. kontrak sosial

2. Kata gotong royong berasal dari bahasa Jawa, yaitu gotong dan goyong, yang secara harfiah berarti ….
a. mengangkat beban secara bersama-sama agar beban menjadi ringan 
b. mengerjakan sesuatu secara sendiri
c. membiarkan suatu pekerjaan dikerjakan oleh kelompok tertentu
d. memperbanyak pekerjaan kepada orang lain
e. bekerja bersama

3. Koentjaraningrat membagi dua jenis gotong royong yang dikenal oleh masyarakat Indonesia salah satunya adalah gotong royong tolong-menolong. Kegiatan gotong royong tolong-menolong lebih bersifat ….
a. individual 
b. kepentingan umum
c. kepentingan kelompok
d. masal
e. sukarela

4. Berikut yang bukan contoh gotong royong tolong menolong adalah ….
a. menolong tetangga kita yang sedang mengadakan pesta pernikahan
b. upacara kematian
c. membangun rumah
d. menolong tetangga yang baru pindah rumah
e. memperbaiki jalan 

5. Pembagian jenis gotong royong menurut Koentjaraningrat salah satunya adalah gotong royong kerja bakti yang bersifat ….
a. kepentingan umum 
b. individu
c. perorangan
d. sendiri-sendiri
e. kelompok tertentu

6. Berikut yang bukan contoh gotong royong kerja bakti adalah ….
a. bersih-bersih desa/kampung
b. memperbaiki jalan
c. membangun jembatan
d. membuat parit pembuangan genangan air di kawasan RT
e. membangun rumah 

7. Sebagai identitas budaya bangsa Indonesia, tradisi gotong royong sarat dengan nilai-nilai luhur. Berikut ini nilai-nilai luhur yang terkandung dalam tradisi gotong royong, kecuali .…
a. menguatkan solidaritas sosial
b. sikap kebersamaan
c. saling menolong
d. menghargai perbedaan
e. menguatkan sikap individualism 

8. Berikut jenis-jenis gotong royong yang terdapat pada masyarakat perdesaan yang dikemukakan oleh Koentjaraningrat, kecuali ….
a. tolong-menolong dalam aktivitas pertanian
b. tolong-menolong dalam aktivitas perdagangan 
c. tolong-menolong dalam aktivitas sekitar rumah tangga
d. tolong-menolong dalam aktivitas persiapan pesta dan upacara
e. tolong-menolong dalam peristiwa kecelakaan, bencana, dan kematian

9. Di Jawa budaya gotong royong dikenal dengan istilah ….
a. sambatan 
b. loss sathak
c. bathi sanak
d. arisan tenaga
e. handep hapakat

10. Di Toraja, Sulawesi Selatan, tradisi gotong royong disebut ….
a. sambatan
b. loss sathak
c. bathi sanak
d. arisan tenaga 
e. handep hapakat

11. Di suku Dayak di Kalimantan Tengah tradisi gotong royong dikenal dengan istilah ….
a. sambatan
b. loss sathak
c. bathi sanak
d. arisan tenaga 
e. handep hapakat

12. Prinsip gotong royong dalam kehidupan masyarakat Indonesia mencerminkan nilai-nilai yang terkandung dalam sila ke- ....
a. Pertama
b. Kedua
c. Ketiga 
d. Keempat
e. Kelima

13. Salah satu contoh perilaku gotong royong di lingkungan sekolah adalah ....
a. Membantu teman menyontek saat ujian
b. Bergotong royong membersihkan kelas 
c. Tidak mempedulikan teman yang kesulitan
d. Menolak ikut kegiatan sekolah
e. Mengerjakan tugas sendiri-sendiri

14. Gotong royong dapat memperkuat persatuan karena ....
a. Mengajarkan sikap egois
b. Menumbuhkan sikap individualis
c. Membiasakan sikap acuh terhadap orang lain
d. Mengutamakan kepentingan kelompok tertentu
e. Menumbuhkan rasa saling menghargai dan bekerja sama 

15. Berikut ini adalah bentuk gotong royong dalam kehidupan masyarakat yang mencerminkan harmoni dalam keragaman, kecuali ....
a. Kerja bakti lintas agama
b. Musyawarah warga yang melibatkan semua golongan
c. Pembangunan rumah ibadah hanya oleh umat agama tertentu 
d. Membantu korban bencana tanpa membedakan latar belakang
e. Arisan warga yang melibatkan semua tetangga

16. Nilai utama dari gotong royong yang relevan dalam masyarakat majemuk adalah ....
a. Kemenangan
b. Kekayaan
c. Kesenangan pribadi
d. Toleransi 
e. Kompetisi

17. Dalam kegiatan gotong royong, setiap orang memiliki peran sesuai kemampuan. Hal ini mencerminkan nilai ....
a. Kesenjangan
b. Kepentingan pribadi
c. Keadilan social 
d. Kekuasaan
e. Keuntungan ekonomi

18. Gotong royong yang dilakukan oleh masyarakat dari berbagai latar belakang budaya menciptakan ....
a. Permusuhan antar suku
b. Harmoni dan persatuan 
c. Dominasi satu budaya
d. Konflik sosial
e. Persaingan budaya

19. Sikap yang bertentangan dengan prinsip gotong royong adalah ....
a. Saling membantu
b. Toleransi
c. Egoisme 
d. Solidaritas
e. Kepedulian

20. Salah satu alasan pentingnya gotong royong dalam masyarakat yang beragam adalah ….
a. Karena mempercepat pembangunan
b. Karena menyatukan semua kepentingan pribadi
c. Karena menghilangkan perbedaan budaya
d. Karena memperkuat kerukunan di tengah perbedaan 
e. Karena dapat menghapuskan tradisi lokal

21. Contoh kegiatan gotong royong dalam menjaga lingkungan bersama yang melibatkan berbagai kelompok adalah ....
a. Mengadakan lomba antar suku
b. Mengundang tokoh agama untuk ceramah
c. Melakukan kerja bakti membersihkan sungai bersama 
d. Mendiskusikan pembangunan gedung sekolah
e. Memberi tugas kebersihan hanya pada kelompok tertentu

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERWUJUDAN GOTONG ROYONG DALAM EKONOMI PANCASILA

ASAL-USUL DAN MAKNA SEMBOYAN BHINNEKA TUNGGAL IKA

HAK DAN KEWAJIBAN SEBAGAI WARGA SEKOLAH DAN MASYARAKAT