HAK DAN KEWAJIBAN SEBAGAI WARGA SEKOLAH DAN MASYARAKAT

Pada bab ini, kalian akan belajar memahami dan menjadi warga negara yang baik. Kalian akan belajar menerapkan perilaku yang sesuai dengan hak dan kewajiban di lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat, dan lingkungan negara. Kalian akan belajar tentang posisi, tugas, dan tanggung jawab warga negara. Kalian juga akan memahami peran negara Indonesia dalam hubungan internasional, sistem pertahanan dan keamanan nasional, serta nilai-nilai Pancasila dalam pembangunan nasional. Kalian tentu ingin mengambil peran serta dalam pencapaian Indonesia Emas 2045. Oleh karena itu, mari terus belajar untuk menjadi warga negara yang baik yang berkontribusi nyata dalam pencapaian visi tersebut.

Secara umum kalian diharapkan menjadi warga negara yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan kepribadian yang baik sehingga memahami hak dan kewajibannya. Kalian tentu sering mendengar istilah hak dan kewajiban. Nah, jawablah secara jujur pertanyaan berikut ini!

1. Coba pikirkan perilaku kalian saat ini berkaitan dengan pelaksanaan hak dan kewajiban! Sudahkah perilaku kalian mencerminkan seorang warga negara yang baik? Berikan penjelasan beserta buktinya!

2. Seberapa yakin kalian bahwa Indonesia Emas 2045 dapat terwujud? Seberapa besar tekad kalian untuk menjadi warga negara yang berkontribusi dalam mewujudkannya?

3. Sebagai warga negara, bagaimana bela negara yang dapat kalian lakukan saat masih berstatus sebagai peserta didik?

Nah, agar kalian bertambah semangat, mari refleksikan kembali nasihat Ir. Sukarno tentang pemuda yaitu “seribu orangtua hanya bisa bermimpi, satu orang pemuda bisa mengubah dunia”.

 

1. Arti Hak dan Kewajiban

Hak adalah sesuatu yang seharusnya didapatkan, dinikmati, dan diperoleh seseorang. Kewajiban adalah sesuatu yang seharusnya dilaksanakan, dikerjakan, atau ditunaikan seseorang. Hak berkaitan dengan kewajiban. Idealnya hak akan dinikmati setelah kewajiban ditunaikan. Contohnya, seorang karyawan perusahaan berhak mendapat upah yang layak setelah ia bekerja secara profesional. Namun, dalam kondisi tertentu, terkadang hak dapat dinikmati terlebih dahulu. Contohnya, saat kalian memesan jasa aplikasi ojek online, kalian akan menikmati hak terlebih dahulu berupa layanan ojek, baru kemudian kalian harus menunaikan kewajiban untuk membayar setelah sampai di tujuan.

Pada prinsipnya hak dan kewajiban harus dilaksanakan secara seimbang. Pelaksanaan terhadap kewajiban akan menimbulkan pemenuhan terhadap hak. Contohnya, seorang guru yang melaksanakan kewajiban mengajar peserta

didik, maka menimbulkan terpenuhinya hak peserta didik untuk mendapatkan pengajaran. Sebaliknya, pengingkaran terhadap kewajiban akan menimbulkan pelanggaran terhadap hak. Contohnya, seseorang yang mengingkari kewajiban untuk tertib berlalu lintas dengan cara mengendarai motor secara ugal-ugalan, dapat menimbulkan pelanggaran hak, yakni terganggunya keamanan, kenyamanan, dan keselamatan pengguna jalan lain. Bahkan, yang lebih fatal ialah saat tindakan tersebut menyebabkan kecelakaan yang dapat merenggut nyawa dan harta.

Oleh karena itu, kalian harus menyadari bahwa kalian memiliki kewajiban yang harus ditunaikan dan dilaksanakan sekaligus hak yang harus dihormati oleh orang lain. Mari ciptakan keseimbangan hak dan kewajiban tersebut mulai

dari diri kita sendiri! Kehidupan yang damai, tenteram, dan harmonis sangat ditentukan oleh keseimbangan antara hak dan kewajiban. Semua orang harus dapat menghargai dan menghormati hak dan kewajibannya di lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat.

 2. Lingkungan Sekolah dan Masyarakat

Bapak Pendidikan Nasional, Ki Hajar Dewantara, menjelaskan bahwa terdapat trisentra atau tiga pusat pendidikan, yakni sekolah, keluarga, dan masyarakat. Keberhasilan pendidikan kalian sangat ditentukan oleh sinergi atau kerja sama antara ketiganya.

Sekolah merupakan lembaga pendidikan tempat kalian belajar. Di sekolah kalian belajar menjadi manusia yang berkarakter Pancasila sekaligus menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) kemudian dapat memanfaatkannya untuk hidup bersama-sama. Belajar berarti berubah dan berproses.

Fungsi lingkungan sekolah bagi kalian ialah mengembangkan karakter kepribadian kalian. Sekolah berusaha menuntun kalian mengembangkan profesi di masa depan sesuai dengan bakat dan minat kalian. Sekolah mendidik kalian menjadi warga negara yang baik. Sekolah mendidik kalian untuk menjadi warga masyarakat yang baik. Sekolah juga mendidik kalian untuk menjadi anggota keluarga yang baik.

Kalian adalah manusia yang merupakan makhluk sosial. Kalian mengembangkan pola interaksi atau hubungan dengan individu/manusia lainnya di lingkungan masyarakat. Dalam berinteraksi di lingkungan masyarakat, kalian harus menjaga keseimbangan hak dan kewajiban. Masyarakat memiliki nilai dan norma yang menjadi pedoman hidup di lingkungan masyarakat serta menjadi tempat kalian belajar, mengembangkan diri, dan menjalani kehidupan.

 

3. Hak dan Kewajiban Peserta Didik sebagai Warga Sekolah dan Masyarakat

Berbagai masalah atau persoalan yang terjadi di lingkungan sekolah dan masyarakat umumnya disebabkan oleh pelanggaran hak dan atau pengingkaran kewajiban. Contohnya, masalah lingkungan hidup. Pada tahun 2018 ditemukan bangkai paus di perairan Wakatobi. Hal yang memprihatinkan ialah di dalam perut paus tersebut ditemukan berbagai macam sampah plastik seberat 5,9 kg. Hal ini mengindikasikan lautan yang telah tercemar limbah plastik.

Sebagian warga yang membuang sampah tidak pada tempatnya akan menimbulkan persoalan lingkungan. Pernahkah kalian melihat warga masyarakat yang membuang sampah plastik ke selokan atau sungai? Hal ini jelas merupakan pengingkaran kewajiban yang akan menimbulkan persoalan serius bagi lingkungan. Saat masyarakat terus-menerus membuang berbagai macam sampah plastik yang sulit diurai ke sungai dan selokan, hal ini akan terakumulasi dalam jumlah besar di lautan/samudra. Berton-ton sampah plastik ini sangat mengacam ekosistem laut. Permasalahan ini ibarat bom waktu yang jika dibiarkan dan tidak segera dihentikan akan menghancurkan ekosistem lautan.

Pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban di sekolah juga akan memunculkan berbagai persoalan. Bullying atau perundungan ialah salah satu contohnya. Menurut Menteri Pendidikan, Nadiem Makariem, masalah bullying atau perundungan di sekolah merupakan salah satu dosa besar yang tidak dapat dianggap sepele. Tindakan perundungan jelas merupakan pelanggaran hak yang dialami korban. Korban perundungan akan tersiksa secara psikologis. Mereka bisa mengalami stres, depresi, penurunan semangat belajar, kehilangan kepercayaan diri, dan pada akhirnya berpotensi mengancam jiwa bahkan merusak masa depan korban. Oleh karena itu, kalian harus bersama-sama melawan tindakan perundungan dengan tidak melakukannya dan segera bertindak untuk mencegah jika hal itu kalian jumpai.

Hak peserta didik sebagai warga sekolah di antaranya sebagai berikut.

a. Peserta didik berhak mendapatkan pendidikan, pengajaran, pelatihan, bimbingan, dan pembinaan dari guru maupun sekolah.

b. Peserta didik berhak mendapatkan perlakuan adil dalam hal penilaian dari guru maupun sekolah.

c.   Peserta didik berhak mendapatkan layanan administrasi akademik maupun nonakademik.

d. Peserta didik berhak mendapatkan kasih sayang, perlindungan, dan keamanan dari semua warga sekolah.

e. Peserta didik berhak menikmati fasilitas sekolah dengan nyaman dan sehat, seperti perpustakaan, tempat ibadah, ruang kelas, kamar mandi, taman, lapangan olahraga, sanitasi, dan lain-lain.

f.   Peserta didik berhak mendapatkan laporan penilaian, sertifikat pelatihan yang diikuti di sekolah atau lembaga yang bekerja sama dengan sekolah, dan berhak mendapatkan ijazah dari sekolah. 

g. Peserta didik berhak mengembangkan bakat, minat, dan keterampilannya.

h. Peserta didik berhak menjalankan ibadah sesuai ajaran agamanya.

Kewajiban sebagai warga sekolah antara lain sebagai berikut.

a. Peserta didik wajib mematuhi nasihat guru dan kepala sekolah.

b. Peserta didik wajib belajar, berlatih, dan mengerjakan semua tugas dari guru dan sekolah serta mempersiapkan keperluan pribadi sekolah dengan penuh tanggung jawab.

c.   Peserta didik wajib mengikuti penilaian pembelajaran.

d. Peserta didik wajib saling menghormati dan menghargai sesama warga sekolah.

e. Peserta didik wajib melaksanakan tata tertib dan program dari sekolah.

f.   Peserta didik wajib ikut memelihara kebersihan lingkungan, menjaga dan merawat keindahan lingkungan, serta menciptakan keamanan dan kenyaman lingkungan.

g. Peserta didik wajib memanfaatkan sarana dan prasarana sekolah dengan bijaksana dan ikut menjaga pemeliharaan fasilitas sekolah.

h. Peserta didik wajib berperilaku terpuji di lingkungan sekolah maupun lingkungan luar sekolah untuk menjaga nama baik diri, keluarga, dan sekolah.

Hak sebagai warga masyarakat di antaranya sebagai berikut.

a. Warga masyarakat berhak menikmati fasilitas umum.

b.  Warga masyarakat berhak melaksanakan ibadah sesuai dengan agama masing-masing.

c.   Warga masyarakat berhak mendapatkan jaminan keamanan dan kenyamanan.

d. Warga masyarakat berhak mengembangkan budaya, bakat, dan minatnya.

e. Warga masyarakat berhak untuk bekerja, menerima upah yang layak, melakukan jual beli, mengadakan perikatan atau perjanjian, dan sebagainya.

Kewajiban sebagai warga masyarakat di antaranya sebagai berikut.

a. Warga masyarakat wajib mematuhi tata tertib dan norma yang berlaku.

b. Warga masyarakat wajib menjaga fasilitas umum.

c. Warga masyarakat wajib melaksanakan ibadah sesuai dengan agama masing-masing dan menghormati agama orang lain.

d. Warga masyarakat wajib menjaga keamanan dan kenyamanan.

e. Warga masyarakat wajib menghormati budaya, bakat, dan minatnya


Soal Uji Pemahaman Materi

1. Pernyataan berikut yang paling tepat mengenai hak adalah ....
A. sesuatu yang harus dilakukan oleh seseorang sebagai tanggung jawab
B. sesuatu yang seharusnya didapatkan, dinikmati, dan diperoleh seseorang 
C. tindakan yang wajib dipaksakan kepada orang lain
D. perintah dari pemerintah yang tidak bisa ditolak
E. kegiatan rutin yang dilakukan di masyarakat 


2. Pernyataan yang paling tepat mengenai kewajiban adalah ....
A. sesuatu yang seharusnya dilaksanakan, dikerjakan, atau ditunaikan seseorang
B. sesuatu yang seharusnya didapatkan, dinikmati, dan diperoleh seseorang
C. sesuatu yang menguntungkan orang banyak
D. tindakan yang dilakukan untuk kepentingan pribadi
E. tindakan yang dalam memperoleh suatu barang kebutuhan

3. Seseorang yang mengingkari kewajiban untuk tertib berlalu lintas dengan cara mengendarai motor secara ugal-ugalan, dapat menimbulkan pelanggaran hak, yakni ….
A. terganggunya keamanan, kenyamanan, dan keselamatan pengguna jalan lain 
B. lalu lintas berjalan lancar
C. terciptanya kenyaman dalam berkendaraan
D. penggunaan jalan lain sangat terbantu dan merasa nyaman
E. jalanan menjadi tertib dan lancar

4. Kewajiban berbeda dengan hak karena ....
A. Kewajiban bersifat sukarela, sedangkan hak bersifat memaksa
B. Kewajiban boleh tidak dilaksanakan, hak harus dijalankan
C. Kewajiban adalah hal yang harus dilaksanakan, sedangkan hak adalah sesuatu yang seharusnya didapatkan 
D. Kewajiban hanya dimiliki oleh orang tua
E. Hak dan kewajiban tidak saling berkaitan
 

5. Hak dan kewajiban harus dijalankan secara seimbang agar ....
A. Seseorang bisa hidup seenaknya
B. tercapai
Kehidupan yang damai, tenteram, dan harmonis 
C. Kewajiban dapat dihindari
D. Hak dapat dimiliki sebanyak-banyaknya
E. Tidak ada yang melaksanakan tanggung jawab
 

6. Contoh pelaksanaan hak yang tidak disertai dengan kewajiban adalah ....
A. Mengemukakan pendapat dengan cara damai
B. Mendapatkan pendidikan tanpa berusaha belajar 
C. Mendapatkan pelayanan kesehatan di puskesmas
D. Menikmati lingkungan bersih dan sehat setelah kerja bakti
E. Mendapat nilai sesuai hasil ujian
 

7. Dalam kehidupan bermasyarakat, hak seseorang akan dibatasi jika ....
A. Ia memiliki banyak uang
B. Haknya mengganggu atau melanggar hak orang lain
C. Ia tidak mau bekerja
D. Ia mendapat sanksi sosial
E. Ia aktif di organisasi
 


8. Perhatikan pernyataan berikut!
1. memaksakan diri untuk mematuhi aturan untuk menghindari sanksi
2. menghormati kepentingan diri sendiri saja
3. melaksanakan hak dan kewajiban secara selaras
4. mencegah perilaku yang dapat merugikan orang lain atau lingkungan
5. selalu taat aturan dan norma yang berlaku
Ciri-ciri seseorang atau masyarakat yang menjaga keseimbangan hak dan kewajiban ditunjukkan oleh nomor ....
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 3, dan 4
C. 2, 3, dan 4
D. 2, 4, dan 5
E. 3, 4, dan 5 

9. Untuk membangun keseimbangan hak dan kewajiban warga negara diperlukan kesadaran. Kesadaran yang tinggi akan menghindarkan seorang warga negara dari perilaku melanggar hak atau mengingkari kewajiban. Sebaliknya, kesadaran yang rendah membuat seorang warga negara dengan mudah melanggar hak dan mengingkari kewajiban. Berikut beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya pelanggaran hak :
1. Sikap egois, yakni mementingkan kepentingan diri sendiri
2. Toleransi yang rendah, khususnya dalam menyikapi perbedaan
3. Ketidaktegasan aparat hukum
4. Penyalahgunaan teknologi
5. Penyalahgunaan kekuasaan
Faktor eksternal yang menyebabkan pelanggaran hak ditunjukkan oleh nomor ….
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 3, dan 4
C. 2, 3, dan 4
D. 2, 4, dan 5
E. 3, 4, dan 5 

10. Hak dan kewajiban sebagai warga sekolah bersumber dari ....
A. Keinginan kepala sekolah
B. Peraturan dan tata tertib sekolah 
C. Perintah siswa dan orang tua siswa
D. adat dan kebiasaan pribadi masing-masing warga sekolah
E. Hukum adat suatu daerah

11. Perilaku perundungan di lingkungan sekolah merupakan salah satu bentuk pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban yang harus diselesaikan. Berikut beberapa pernyataan yang dapat dilakukan terkait perilaku perundungan

1. melaporkan pelaku perundungan kepada guru
2. memanggil orang tua pelaku perundungan
3. memberi sanksi tegas kepada pelaku perundungan
4. membuat disiplin positif tentang saling menghormati dan menghargai
5. memberikan sosialisiasi kepada warga sekolah tentang bahaya perundungan
Yang dapat dilakukan sebagai upaya represif atau penindakan atas perilaku perundungan ditunjukkan oleh nomor....
A. 1, 2, dan 3 
B. 1, 3, dan 4
C. 2, 3, dan 4
D. 2, 4, dan 5
E. 3, 4, dan 5

12. Perilaku membuang sampah di sembarang tempat yang terjadi di lingkungan masyarakat merupakan bentuk pengingkaran kewajiban. Jika dikaitkan dengan kewajiban warga negara, perilaku ini bertentangan dengan peraturan perundang-undangan, yakni UU No. 32 Tahun 2009 tentang.... 
A. Kebersihan dan Keindahan Sungai
B. Perlindungan dan pengelolaan Lingkungan Hidup 
C. Perlindungan Pengelolaan Hutan
D. Pengelolaan dan Kebersihan Sampah
E. Pengelolaan dan Pemanfaatan Air Bersih

13. Hak untuk mengemukakan pendapat di masyarakat harus dilakukan dengan ....
A. Emosi
B. Kekerasan
C. Tanggung jawab dan sopan 
D. Paksaan
E. Menyinggung orang lain

14. Dalam kehidupan masyarakat, kebebasan seseorang dibatasi oleh ....

A. Kekuatan
B. Kehendaknya sendiri
C. Hak orang lain 
D. Status sosial
E. Kekayaan

15. Contoh pelaksanaan kewajiban di masyarakat adalah ....
A. Meminta bantuan sosial
B. Melaporkan pajak orang lain
C. Membantu tetangga saat gotong royong 
D. Menuntut keadilan dari RT
E. Menyalahgunakan bantuan sosial

16. Menjaga nama baik sekolah merupakan ....
A. Hak siswa
B. Tanggung jawab guru
C. Kewajiban semua warga sekolah 
D. Tugas petugas kebersihan
E. Kewajiban kepala sekolah saja
 
17. Menjaga fasilitas umum di lingkungan masyarakat adalah bentuk ....
A. Hak
B. Kewajiban 
C. Keinginan
D. Pilihan pribadi
E. Hak istimewa

18. Jika kita tidak melaksanakan kewajiban sebagai warga sekolah, maka ....
A. Hak kita tetap tidak terganggu
B. Akan mendapat hadiah
C. Akan dihormati
D. Akan diberi sanksi 
E. Tidak akan terjadi apa-apa

19. Salah satu bentuk partisipasi positif siswa dalam menjaga lingkungan sekolah adalah ....
A. Mencontek saat ujian
B. Membuat coretan di dinding kelas
C. Membuang sampah pada tempatnya 
D. Menghindari kerja bakti
E. Membolos saat upacara
 

20. Hak warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari adalah ....
A. Membuat aturan sendiri
B. Mencaci maki pemerintah
C. Menikmati lingkungan yang bersih dan sehat 
D. Menolak membayar pajak
E. Merusak fasilitas umum


21. Perhatikan pilihan berikut!
1) Mendapatkan pengajaran dan pembimbingan
2) Menghormati dan menghargai sesama warga sekolah
3) menciptakan keamanan dan kenyaman lingkungan sekolah
4) menjaga pemeliharaan fasilitas sekolah
5) mengembangkan bakat, minat, dan keterampilannya
Berdasarkan pilihan di atas, kewajiban yang harus dilaksanakan peserta didik sebagai warga sekolah ditunjukkan pada oleh nomor …..
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 3, dan 4
C. 2, 3, dan 4 
D. 2, 4, dan 5
E. 3, 4, dan 5

22. Salah satu contoh hak siswa di sekolah adalah ....
A. Membolos sekolah tanpa izin
B. Mendapatkan pengajaran, pelatihan, bimbingan 
C. Menghormati guru dan teman
D. Membayar uang sekolah tepat waktu
E. Membersihkan lingkungan sekolah

23. Kewajiban utama siswa terhadap guru adalah ....
A. Mengkritik secara terbuka
B. Mengabaikan nasihat
C. Memberikan hadiah setiap hari
D.
mematuhi nasihat guru dan kepala sekolah 
E. Melawan jika tidak sepakat

24. Berikut ini merupakan hak siswa di sekolah, kecuali ....
A. Mendapat perlakuan adil dari guru
B. Mendapat pengajaran, pelatihan, bimbingan
C.
Menghormati dan menghargai sesama warga sekolah 
D. Menggunakan
menikmati fasilitas sekolah dengan nyaman dan sehat
E. M
engembangkan bakat, minat, dan keterampilannya

25. Contoh bentuk pelanggaran terhadap hak orang lain di sekolah adalah ....
A. Memberi bantuan belajar
B. Mencontek saat ulangan 
C. Membantu membersihkan kelas
D. Mengajak berdiskusi
E. Meminjam buku dengan izin

26. Ketika melihat teman melanggar aturan sekolah, tindakan yang benar adalah ....
A. Membiarkannya
B. Membantunya melanggar
C. Melaporkannya kepada guru 
D. Ikut-ikutan
E. Menertawakannya

27. Hak dan kewajiban di sekolah harus dilaksanakan secara ....
A. Bebas dan tanpa aturan
B. Seimbang dan bertanggung jawab 
C. Sukarela dan tergantung situasi
D. Berat sebelah
E. Satu arah

28. Jika melihat teman membuang sampah sembarangan di sekolah, tindakan yang paling tepat adalah ....
A. Menirunya agar tidak dimarahi
B. Menegur dengan sopan dan mengajak membuang sampah di tempatnya 
C. Melaporkannya ke polisi
D. Membiarkannya karena itu bukan urusan kita
E. Marah-marah di depan umum

29. Kewajiban utama peserta didik terhadap lingkungan masyarakat adalah ....
A. Menuntut bantuan sosial dari pemerintah
B. Menjaga keamanan dan ketertiban bersama 
C. Menyalahkan aparat jika ada masalah
D. Berdiam diri saat ada pelanggaran
E. Membuat aturan sendiri untuk masyarakat

30. Contoh pelaksanaan kewajiban peserta didik di sekolah adalah ....
A. Menuntut nilai tinggi tanpa belajar
B. Mematuhi tata tertib sekolah 
C. Datang terlambat dan pulang cepat
D. Menyontek saat ujian berlangsung
E. Menghindari pelajaran yang sulit


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERWUJUDAN GOTONG ROYONG DALAM EKONOMI PANCASILA

ASAL-USUL DAN MAKNA SEMBOYAN BHINNEKA TUNGGAL IKA